2 June 2015

5 Hal penting yang perlu diperhatikan dalam penulisan daftar pustaka

Ahmul.blogspot.com – Penulisan daftar pustaka sangat penting, baik itu dalam makalah, karya ilmiah, maupun karya tulis lainnya. Oleh karena itu, seorang penulis harus sepenuhnya menguasai cara penulisan yang tepat dan benar. Namun, sebelum membuat sebuah daftar pustaka, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Makanya gue mau bahas 5 Hal penting yang perlu diperhatikan dalam penulisan daftar pustaka. Posting kali ini, masih sambungan posting sebelumnya Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Referensi Berbeda yang Benar. Lansung saja

Daftar kepustakaan ada 3 macam berdasarkan jenis sumber buku yang digunakan.
a.   Buku-buku dasar: buku yang dipergunakan sebagai bahan orientasi umum mengenai pokok yang digarap itu.
b.   Buku-buku khusus: yaitu buku-buku yang dipakai oleh penulis untuk mencari bahan-bahan yang langsung bertalian dengan pokok persoalan yang digarap.
c.   Buku-buku pelengkap: buku-buku yang topiknya lain dari topik yang digarap penulis.

Untuk menyusun sebuah daftar kepustakaan yang benar, perlu diperhatikan terlebih dahulu hal-hal penting yang sering dilupakan oleh beberapa penulis, dan semoga itu tidak akan terulang pada kita.
a. Nama pengarang diurutkan menurut alfabet.
b. Bila tidak ada pengarang, maka judul buku atau artikel yang dimasukkan dalam urutan alfabet.
c.  Jika untuk seorang pengarang terdapat lebih dari satu bahan referensi, untuk referensi yang kedua dan seterusnya nama pengarang tidak perlu diikutsertakan tetapi diganti dengan garis sepanjang 5 atau 7 ketukan.
d. Jarak antara baris dan baris untuk satu referensi adalah satu spasi tetapi jarak antara pokok dan pokok lain adalah dua spasi.
e.  Baris pertama dimulai dari margin kiri. Baris kedua dan seterusnya dari tiap sumber harus dimasukkan ke dalam sebanyak 3 atau 4 ketikan.

Sekian tentang 5 Hal penting yang perlu diperhatikan dalam penulisan daftar pustaka Silahkan dicopas buat hal positif, tanpa merugikan pihak manapun. Lebih teliti lagi, kesalahan itu pasti ada.
Semoga artikel ini menambah pengetahuan kita semua, diharapkan kritik dan saran yang membangun.
silahkan Like dan Share kalo bermanfaat. terimakasih


No comments:

Post a Comment