28 May 2015

Makalah Struktur Pasar Monopoli PT. Polychem Indonesia Tbk

ahmul.blogspot.com - Struktur pasar adalah kategori pembeda suatu pasar seperti jenis produk yang dihasilkan, entry barriers dan lainnya. Udah lama gak ngepost gan, sibuk asistensi. Kali ini gue mau share tugas makalah struktur pasar monopoli mata kuliah Pengantar ilmu ekonomi. 
BAB I
PENDAHULUAN

1.1                    Latar Belakang
Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual. Ada beberapa jenis pasar, diantaranya jenis pasar berdasarkan struktur pasarnya sendiri, yaitu pasar monopoli, pasar oligopoli dan pasar monopolistik. Struktur pasar adalah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar.
Struktur pasar menggolongkan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Pasar monopoli adalah pasar barang dimana hanya terdapat satu produsen dalam pasaran. Pasar monopoli terjadi jika hanya ada satu penjual di pasar, dan perusahaan tersebut dapat mempengaruhi  harga di pasar.
PT. Polychem Indonesia Tbk (KAI) merupakan Pabrik yang berstatus PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) yang memproduksi berbagai macam poliester, etilena glikol, etilena oksida derivatif, benang nilon, dan lainnya, tidak menghadapi persaingan secara langsung dari perusahaan lainnya karena sampai saat ini memang tidak ada perusahaan yang memproduksi etilen oksida dan etilen glikol.

1.2                    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana entry barriers perusahaan Polychem Indonesia ?
2.      Apa manfaat dan mudharat yang ditimbulkan perusahaan Polychem Indonesia bagi masyarakat ?
3.      Bagaimana analisa penulis jika masuk kedalam bisnis ini ?

1.3                     Tujuan Makalah
1.      Untuk mengetahui entry barriers perusahaan Polychem Indonesia.
2.      Untuk mengetahui manfaat dan mudharat yang ditimbulkan perusahaan Polychem
3.      Untuk mengetahui analisa penulis jika masuk kedalam bisnis ini.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1      Sekilas tentang PT. Polychem Indonesia Tbk
Perusahaan ini diresmikan secara simbolis oleh Presiden Soeharto pada tanggal 18 Januari 1993. Pertama kali berdiri pabrik ini bernama PT. Yasa Ganesha Pura yang kemudian pada tahun 1993 berganti nama menjadi PT. Prima Ethycolindo yang selanjutnya pada tahun 1996 berganti lagi menjadi PT. Gajah Tunggal Petrochem Industries dan berganti nama lagi menjadi PT.Polychem Indonesia Tbk. hingga sekarang. Pembangunan pabrik Etilen Oksida/ Etilen Glikol ini atas usaha bersama antara dua grup yakni grup Gajah Tunggal dan grup Yasinta sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan akan bahan baku industri tekstil yang dimiliki sebelumnya serta untuk memenuhi pasaran dalam negeri.
Pabrik yang berstatus PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) itu, bernama PT. Polychem Indonesia Tbk yang berlokasi di DesaMangunreja,    Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Perusahaan ini merupakan pabrik pertama di Indonesia yang memproduksi Etilen Oksida dan Etilen Glikol. Pembangunan PT. Polychem Indonesia Tbk. dimulai pada bulanDesember 1988 dan secara keseluruhan pembangunan selesai pada bulan januari1992, kemudian dilanjutkan dengan tahap commissioning serta persiapan start-up. Bahan baku etilen yang di impor pertama kali datang pada tanggal 30 Oktober 1992, lima hari sebelumnya telah dilakukan tahap cooling down bagi jaringanyang akan dilewati etilen di Terminal Ethylene, sedangkancooling down tangki penyimpanan etilen dilakukan sepuluh hari sebelum etilen pertama masuk.
Perusahaan Polychem Indonesia memproduksi tiga bahan baku utama yaitu etilena glikol, poliester, dan nilon.  Etilena glikol digunakan sebagai cooling atau anti-freeze agent, industri resin poliester tidak jenuh, minyak rem, dan minyak aditif, proses pengeringan gas alam dan pencucian bahan kimia. Poliester adalah bahan baku utama yang digunakan oleh industri tekstil untuk memproduksi poliester spun yarn, yang digunakan secara luas untuk pakaian dan barang rumah tangga seperti karpet, mainan, sleeping bag, padding, sepatu olah raga, popok bayi, dan lainnya. Nilon digunakan dalam pembuatan kain ban, jaring, tali dan kain, serta penguat untuk tali kipas dan selang. Selain itu, anak perusahaan juga memproduksi chips nilon-6  bermutu tinggi yang dapat digunakan sebagai bahan baku benang, mono filamen dan berbagai industri plastik lainnya. 

2.2     Entry Barriers PT.Polychem Indonesia Tbk
Entry Barriers adalah hal-hal yang menghalangi suatu perusahaan masuk ke bidang usaha tertentu. Entry Barriers yang tinggi akan membuat suatu perusahaan dengan mudah masuk industri tertentu, dan sebaliknya dengan Entry Barriers yang tinggi akan membuat perusahaan lain yang Entry Barriers  rendah sulit untuk masuk kedalam perusahaan tersebut.
Perusahaan Polychem Indonesia adalah perusahaan yang tergolong kedalam persaingan pasar tidak sempurna monopoli. Polychem Indonesia memiliki Entry Barriers dan exit Barriers yang tinggi, kebutuhan modal yang besar dan  keuntungan yang besar karena tidak menghadapi persaingan secara langsung dari perusahaan lainnya dan sampai saat ini memang tidak ada perusahaan yang memproduksi etilen oksida dan etilen glikol selain perusahaan Polychem Indonesia.
Sebagai sebuah perusahaan monopolis Perusahaan Polychem Indonesia tidak menggunakan jasa iklan dalam pemasaran produknya, karena tidak adanya persaingan secara lansung dari perusahaan lain dan sebagai satu satunya perusahaan yang memproduksi etilen oksida dan etilen glikol selain perusahaan Polychem Indonesia dan sebagai langganan pengimpor ke negara negara maju seperti singapura. Produk hasil pengolahan etilen oksida dan etilen glikol tidak ada pengganti atau alternatifnya (substitution product).

2.3   Manfaat dan Mudharat yang ditimbulkan Perusahaan Polychem Indonesia
2.3.1   Manfaat yang ditimbulkan Perusahaan Polychem Indonesia
1.      PT. Polychem Indonesia Tbk adalah salah satu perusahaan yang besar diIndonesia, sehingga mempunyai dana untuk penelitian dan pengembangan yang besar pula.
2.      Sebagai perusahaan tunggal yang memproduksi etilen oksida dan etilen glikol diindonesia, tentunya perusahaan polychem akan terus meningkatkan kualitas produknya dan menambah inovasi inovasi untuk peningkatan kualitas produk tersebut.

2.3.2   Mudharat yang ditimbulkan Perusahaan Polychem Indonesia
1.      Harga produk cenderung tinggi (produsen sebagai price maker) karena produsen cenderung menginginkan keuntungan yang tinggi dan tidak adanya persaingan dari perusahaan lain. Hal ini tentunya merugikan masyarakat atau konsumen.
2.      Jumlah produk di pasar sangat tergantung Perusahaan. Jumlah produk yang tersedia kadangkala terganggu oleh permainan Perusahaan Polychem Indonesia.
3.      cenderung terjadi pemborosan penggunaan sumber daya ekonomi, karena Perusahaan Polychem Indonesia tidak beroperasi pada biaya rata-rata minimum artinya perusahaan sering beroperasi secara tidak efisien.
4.      Ditinjau dari segi distribusi pendapatan masyarakat, pasar monopoli sering menimbulkan ketidakadilan. Dalam jangka panjang produsen monopoli cenderung mendapatkan keuntungan berlebih, sementara produsen yang berada pada persaingan sempurna hanya akan memperoleh keuntungan normal.
5.      Pada pasar monopoli sering terjadi eksploitasi baik terhadap konsumen maupun pemilik faktor produksi. Konsumen cenderung membayar produk dengan harga tinggi, sementara pemilik faktor produksi dibayar dengan harga yang rendah.
6.      Dari segi lingkungan, pabrik pembuat etilen dan poliester ini adalah  pabrik dengan limbah yang  paling sulit untuk diuraikan. Proses penguraiannya memerlukan waktu yang panjang, oleh karena itu limpah perusahaan ini mencemari lingkungan sekitar.


2.4   Analisa
Jika saya mempunyai modal dan izin usaha untuk memproduksi etilen oksida dan etilen glikol seperti perusahaan Polychem Indonesia, saya akan.
1.      Memberikan persaingan yang kuat, sehingga akan ada peningkatan dalam segi kualitas produk dan menetapkan harga yang sesuai dan normal.
2.      meningkatkan pelayanan konsumen, untuk lebih memperkuat persaingan dan memenangkan pemasaran produk.
3.      Dengan terbentuknya persaingan antara dua perusahaan dengan produk yang sama, maka sistem monopoli akan hilang. Dan tidak ada lagi konsumen yang dirugikan dengan persediaan produk yang terbatas di pasaran.
4.      Penerapan daur ulang limbah, akan memperbaik reputasi perusahaan dalam pemasaran.
5.      Secara otomatis, dengan strategi yang memadai dan karyawan yang kompeten dalam memberi pelayanan, secara perlahan akan membuat perusahaan polychem berada dibawah tekanan. Jika, perusahaan Polychem Indonesia tidak melakukan perlawanan ada dua kemungkinan yang akan terjadi.
a.       Perusahaan polychem akan mundur. Perusahaan analisa ini akan menjadi perusahaan monopolis produksi etilen dan poliester diindonesia (monopoli alamiah).
b.      Perusahaan polychem akan meminta untuk menyatukan sahamnya dengan perusahaan analisa, dan hal ini akan memperbesar produksi etilen dan poliester diindonesia.


BAB III
PENUTUP

3.1   Kesimpulan
1.      Perusahaan Polychem Indonesia perusahaan tunggal yang memproduksi  etilena glikol, poliester, dan nilon.
2.      Polychem Indonesia memiliki Entry Barriers tinggi, yang membuat  perusahaan lain sulit untuk masuk kedalam industri ini.
3.      Berdasarkan data makalah ini, didapat bahwa mudharat perusahaan monopolis Polychem Indonesia lebih besar dibandingkan manfaat untuk konsumen.
3.2   Saran
Adapun saran penulis untuk makalah ini dan untuk pembaca, semoga makalah ini bermanfaat baik itu sebagai referensi maupun sarana pembelajaran bagi pembaca. Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran pembaca demi perbaikan makalh ini untuk masa yang akan datang.


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2014. PT Polychem Indonesia Tbk, [online]. (http://www.polychemindo.com/). Diakses 26 Mei 2015.

Enkshop. 2014. Kebaikan dan Kelemahan Pasar Monopoli. [online]. (http://enkshop.com/kebaikan-dan-kelemahan-pasar-monopoli/). Diakses 26 Mei 2015.

Sekian tentang Makalah Struktur Pasar Monopoli PT. Polychem Indonesia Tbk. Silahkan dicopas buat hal positif, tanpa merugikan pihak manapun. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kita semua. 
silahkan Like dan Share kalo bermanfaat. terimakasih..

No comments:

Post a Comment