4 March 2015

Pentingnya Air Susu Ibu atau ASI eksklusif untuk Pertumbuhan Bayi Anda

Pagi sis.. apa itu asi?? asi adalah air susu ibu sis (masa gk tau :v )
lansung aja ya..
Air Susu Ibu (ASI) adalah suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa dan garam-garam anorganik yang sekresi oleh kelenjar mamae ibu, yang berguna sebagai makanan bagi bayinya. ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol sampai enam bulan. Bahkan air putih tidak diberikan dalam tahap ASI eksklusif ini.
syarat ASI ekslusif adalah :
1. ASI Hanya diberikan sampai 6 bulan
2. menyusui dimulai 30 menit setelah bayi lahir
3. tidak memberikan cairan atau makanan selain ASI, kepada bayi yang baru lahir
4.menyusui sesuai kebutuhan
5. berikan kolustrum (ASI yang keluar pada hari pertama yang mempunyai nilai gizi tinggi)

ASI ekslusif susu yang sempurna
ASI ekslusif (menyusui dengan ASI saja sampai bayi berumur 6 bulan . merupakan nutrisi bagi bayi berupa air susu ibu tanpa memberikan makanan tambahan, cairan, ataupun makanan lainnya, hingga umur 6 bulan. Manfaat ASI ekslusifadalah memberikan perlindungan yang diperlukan oleh bayi
manfaat ASI ekslusif adalah memberikan perlindungan yang diperlukan oleh bayi

MANFAAT ASI
Untuk Bayi
Pemberian ASI merupakan metode pemberian makan bayi yang terbaik, terutama pada bayi umur kurang dari 6 bulan, selain juga bermanfaat bagi ibu. ASI mengandung semua zat gizi dan cairan yang dibutuhkan untuk memenuhi seluruh gizi bayi pada 6 bulan pertama kehidupannya

ada 2 cara memerah ASI :
1.MANUAL (DENGAN TANGAN)
2. BANTUAN ALAT (POMPA)
POMPA MANUAL
POMPA ELEKTRIK

Nutrisi dalam ASI
Dengan memberikan 750-850ml ASI per hari, ibu telah memberikan zat gizi, :
• Air 87,5%.  percernaan bayi lancar dan tidak kekurangan cairan
• Karbohidrat berupa laktosa. sumber energi bagi otak bayi.
• Protein terdiri dari whey dan casein. Protein ini tidak menyebabkan alergi pada bayi, tidak seperti susu sapi. Asam amino juga terdapat dalam protein ASI dan berperan dalam perkembangan otak bayi
• Lemak, termasuk lemak omega-3 dan omega-6.berperan dalam perkembangan otak bayi.
• Vitamin dan mineral, seperti vitamin K, D, E, A, B, C, dan asam folat, serta kalsium.


PENTINGNYA ASI EKSLUSIF
KEUNGGULAN ASI
1.         Mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh bayi
2.         ASI mengandung zat penolak (antibody)
3.         Aman dan dapat diberikan langsung Membentuk tubuh ideal tentunya tidak lepas dari nutrisi yang diasup oleh pria, dan suplemen protein menjadi salah satu kunci keberhasilan mereka. Suplemen protein Whey merupakan salah satu nutrisi yang sangat efektif dalam pembentukan tubuh atletis ideal. Apa itu Whey? Mengapa Whey? Dan apa yang membuat Whey berperan penting dalam proses pembentukan tubuh?

Whey Protein
Kandungan protein dalam susu terdiri dari protein whey (20%) dan protein casein (80%). Whey protein termasuk ke dalam protein yang kaya karena mengandung seluruh 20 asam amino dan secara alami sangat kaya akan BCAA leusin, valin, dan isoleusin dibandingkan sumber asam amino lainnya. BCAA berperan penting dalam proses metabolisme pembentukan energi dalam otot sehingga membuat BCAA menjadi suplemen yang sangat penting bagi atlet maupun pria aktif seperti Anda. Selain dalam proses metabolisme, BCAA leusin juga memegang peranan penting dalam pengaturan sintesa protein otot anda. Gambar 1.1 menginformasikan komposisi asam amino dalam whey(1).


Gambar 1.1 Persentase kandungan asam amino dalam whey

Whey sendiri memiliki beberapa fragmen penting, yaitu α-lactalbumin (α-LA), β-lactoglobulin (β-LG), bovine serum albumin (BSA), dan Imunoglobulin(Igs). Protein penting lain yang ditemukan dalam whey adalah lactoferrin (LF) dan lactoperoxidase. Komposisi fragmen yang terkandung di dalam whey dapat diamati pada Gambar 1.2.


Gambar 1.2 Komposisi fragmen dalam whey protein

Setiap Fragmen dalam Whey mempunyai ciri khas yang berbeda, dan tentunya berbeda kandungan gizinya. Β-Lactoglobulin merupakan fragmen paling banyak dalam whey dan mempunyai kandungan BCAA yang sangat tinggi. α-Lactalbumin merupakan fragmen paling banyak nomor dua, dan merupakan fragmen protein yang kaya akan BCAA dan tryptofan. α-actalbumin mampu mengikat kalsium dan mampu meningkatkan proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Fragmen Immunoglobulin dalam whey mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan umum dijumpai dalam colostrum. Dan dengan jumlah yang kecil, fragmen lactoferrin mampu mengurangi peradangan.

Mengapa Protein Whey Penting dalam Pembentukan Otot?
Dibandingkan dengan Casein, Protein whey mampu diserap tubuh lebih cepat. Hal ini disebabkan whey mampu larut dalam asam, sehingga lebih mudah dicerna dalam lambung yang bersifat asam. Kecepatan penyerapan ini akan mempengaruhi sintesa protein dalam tubuh secara keseluruhan; penguraian protein; dan proses oksidasi dalam tubuh setelah konsumsi. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk melihat benefit dalam pembentukan massa otot dan sixpack yang diperoleh dengan mengkonsumsi whey.

Konsumsi whey dapat meningkatkan sintesis protein dalam tubuh sebanyak 68% dalam kurun waktu 40 sampai dengan 140 menit setelah proses penyerapan. Whey juga meningkatkan nilai sintesis protein dalam otot 2,5 kali lebih banyak paska latihan dibandingkan dengan kontrol. Kandungan whey yang tinggi leusin juga sudah terbukti mampu menstimulasi proses sintesa protein(2).
Dengan benefit yang sudah anda ketahui sekarang, anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi whey dan berolah raga untuk mendapatkan tubuh sixpack atletis ideal!

Reference
1. Driskel, Judy A. 2007. Sports Nutrition Fats and Proteins. CRC Press: Boca Raton.
2. Onwulata, Charles I and Peter J. Huth. 2008. Whey Processing, Functionality and Health Benefit. Wiley Blackwell IFT Press: Iowa.


Bertahun-tahun Anda direkomendasikan untuk mengkonsumsi protein whey sebelum dan sesudah latihan karena proses penyerapan protein whey sangat cepat. Tidak ada sumber protein lain yang dapat menyamai kecepatan penyerapan protein whey di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa proses penyerapan dari protein whey memacu pertumbuhan otot lebih cepat daripada sumber protein lainnya. Jadi ketika Anda ingin proses pembentukan otot langsung dimulai ketika Anda selesai latihan, protein whey adalah protein terbaik pilihan Anda.

Lalu ada yang disebut kasein. Dalam protein susu, terdiri dari 20% whey protein dan 80% protein kasein. Protein kasein di dalam perut berubah menjadi bentukan padat ketika dicerna. Karena itu, proses pencernaan kasein di dalam tubuh menjadi sangat pelan dan lambat sehingga kasein berguna untuk mencegah proses penyusutan otot lebih baik daripada whey protein.

Karena proses pertumbuhan otot adalah keseimbangan dari sintesa protein atau pembentukan dengan proses katabolik atau penghancuran otot, maka menambah jumlah zat pembentuk otot dan mengurangi atau menghambat proses penghancuran otot akan menyebabkan perkembangan otot secara signifikan. Karena itu, kami menyarankan agar Anda mengkonsumsi kedua protein whey dan kasein dalam pola makan Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa kasein dapat berguna untuk dikonsumsi sewaktu berlatih. Penelitian di University of Texas Medical Branch menemukan bahwa ketika seseorang diberi 20 gram whey atau kasein setelah latihan angkat beban, kedua suplemen tersebut sama-sama menaikkan sintesa protein dengan rata-rata yang sama. Tetapi jangan langsung membuat kesimpulan bahwa kedua protein tersebut mempunyai efek yang sama. Penelitian menunjukkkan bahwa hanya whey protein yang sanggup dengan cepat menaikkan kadar insulin (hormon anabolik yang dapat menambah otot Anda dengan cepat).

Cara terbaik adalah dengan mengganti porsi whey Anda separuhnya dengan kasein, karena kedua protein tersebut mempunyai efek yang saling menguntungkan satu sama lain dalam proses pembentukan otot. Penelitian dari Baylor University menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi campuran antara whey dan kasein satu jam setelah latihan angkat beban selama 10 minggu mendapat kenaikkan massa otot secara signifikan daripada mereka yang hanya meminum whey protein saja.

Jadi, ambillah keuntungan dari kedua jenis protein tersebut. Minumlah sekitar 10 gram protein whey-kasein sebelum latihan dan 20 gram campuran protein whey-kasein setelah latihan untuk hasil yang maksimal. Pilihan lain adalah dengan mencari produk yang berisi campuran antara whey dan kasein seperti Protein Sensation 81 yang memiliki berbagai macam jenis protein dengan berbagai kecepatan penyerapan.




No comments:

Post a Comment