7 March 2015

IDE IDE KREATIF DAUR ULANG KALENG BEKAS

IDE IDE KREATIF DAUR ULANG KALENG BEKAS - meningkatnya limbah keluarga membuat sebagian orang berpikiran untuk memanfaatkan limbah tersebut demi menstabilkan lingkungan hidup atau dikenal dengan go green.

salah satu limbah keluarga yang sangat mudah untuk dimanfaatkan dan didaur ulang adalah kaleng bekas minuman dan kaleng bekas makanan. wadah makanan dan minuman yang terbuat dari tembaga dan alumunium yang mudah dibersihkan ini membuat kaleng sebagai limbah keluarga yang mudah di daur ulang.


pada zaman sekarang sudah sangat banyak ditemukan berbagai macam barang unik dan cantik hasil daur ulang dari kaleng bekas. baik itu kaleng bekas minuman seperti pocari sweat, coca cola, bear brand, dan lainnya maupun kaleng bekas makanan seperti nugget, sarden, permen, dan lainnya.


disini akan diuraikan beberapa pikiran kreatif pemanfaatan kaleng bekas :



    1. miniatur kendaraan
    Kaleng bekas berbahan aluminium dapat dimanfaatkan menjadi miniatur kendaraan, seperti ditemui di Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur, Sabtu (8/2/2014). Melalui ide kreatif dan ketekunan, limbah kaleng bekas tersebut bisa diubah menjadi barang bernilai ekonomi tinggi. Miniatur kendaraan itu dihargai mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 200.000 per unitnya.


    miniatur kendaraan

       2.  aksesoris cantik

    Untuk bagian kaleng yang digunakan ini adalah hanya bagian pengunci tutup kaleng saja yang dimanfaatkan untuk dikreasi kembali. Dari kait pengunci tutup kaleng ini ternyata dapat dibuat banyak sekali asesoris yang sangat menarik. Bentuk kait yang dijumpai ini relatif khas berupa lempeng datar berbentuk seperti pin bowling tetapi terdapat lubang di bagian bawahnya. Dengan bahan dasar berupa logam tipis yang mengkilat maka bagian  kait pengunci inilah menjadi sesuatu bahan baku yang dapat dikreasi secara unik.
    kalung kaleng
    aksesoris cantik

       3.  tempat pensil cantik

    Limbah kaleng yang berbentuk tabung dapat dimanfaatkan sebagai tempat pensil. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Bagian tutup kaleng yang berlubang dapat dibuang dengan menggunakan alat pembuka kaleng. Pengirisan tepi tutup kaleng ini harus rapi dan bersih sehingga tidak menyebabkan risiko menggores tangan pengguna. setelah tempat pensil terbentuk, untuk hasil yang lebih maksimal dan cantik dianjurkan untuk mengecat kaleng tersebut dengan warna yang cerah atau bisa juga dilapisi dengn benang wol.



    tempat pensil kaleng bekas




      4.  tas tutup kaleng yang cantik

    Kali ini masih pemanfaatan kait tutup kaleng minuman. Bentuk yang unik dengan sisi berlubang ini ternyata dapat dikreasikan menjadi asesoris dan produk lain yang cantik.

    tas tutup kaleng

    tas cantik

      5.  antena wireless LAN

    sampah tabung kaleng yang masih bagus dan utuh, ternyata bisa diubah menjadi sesuatu yang sangat berguna seperti antena wireless. walaupun cara pembuatannya sangat rumit dan membutuhkan waktu yang lama, tapi ide kreatif ini sangat pantas untuk di apresiasi. cara pembuatan antena wireless LAN (cantena) bisa dilihat di http://nadinaku.blogspot.com/2009/11/pemanfaatan-limbah-kaleng-menjadi.html


      sekian posting Ide Ide Kreatif Daur Ulang Kaleng Bekas. Semoga bermanfaat..

    : sumber 
     nadinaku.blogspot.com
    iqmaltahir.wordpress.com  

    No comments:

    Post a Comment